03 Maret 2009

Ada Apa dibalik Facebook

Karena akhir-akhir ini banyak yang pada ngomongin Facebook, dan banyak yang bilang ini lebih bagus dari pada Friendster. Dan banyak juga yang nanyain apa aku punya Facebook jadi aku cari info tentang Facebook. Pertama aku molai dengan menyambangi alamat Webnya langsung, tak ketinggalan sicerdas Google juga aku suruh ikut mikir.

Ternyata dari semua kelebihan yang dimiliki oleh Facebook ini ada juga beberapa celah yang merugikan kita, baik itu dari luar maupun dari pihak Facebook itu sendiri. Tapi ini semua aku posting bukanya untuk menjelek-jelekan Facebook, semua info ini aku dapet dari pihak Facebook sendiri dan dari forum-forum yang aku ikutin.

Jadi buat temen-temen yang sudah sering bolak-balik ke Facebook, baik itu cuma sekedar komen atau nambah temen untuk berhati-hati. Seperti layaknya Myspace dan juga jejaringan Social Network lainya, Facebook saat ini diserbu oleh orang-orang usil bin jahil. Seperti beberapa kasus di internet akhir-akhir ini yang perlu diwaspadai.

Facebook saat ini molai digunakan untuk menipu (sebagaimana email). Salah satu modusnya adalah seperti seorang sahabat minta bantuan uang. Karena bentuknya sedikit berbeda dengan penipuan di email, maka beberapa orang bisa terkecoh.

Facebook saat ini relatif mudah untuk dimasuki oleh Spyware . Bentuknya sering tidak tersangka-sangka karena tampak mukanya mirip aplikasi facebook. Seperti email, Facebook sekarang juga mulai diserbu oleh Spam

Facebook ternyata sangat terbuka. Banyak pemakai lupa bahwa, apa yang ditulis oleh salah seorang "teman" kita, bisa juga terbaca oleh semua "teman-teman" kita lainnya (ini tidak ada di aplikasi email). Sehingga terjadi kasus-kasus salah pengertian seperti kasus di Koran terkemuka New York Post. Seseorang bisa tahu tentang diri kita dengan melihat membership kita dalam berbagai group.
Terkadang kita dengan senang hati menambah ("add") friend, tapi jangan lupa bahwa dengan menambah friend tersebut, berarti mereka bisa melihat data-data pribadi kita (ini tidak ada di aplikasi email). Better Business Bureau di Amerika mengeluarkan warning untuk ini.
Ternyata foto-foto kita menjadi milik Facebook untuk selamanya.

Kalau kita baca Term Of Servicenya Facebook kita bakal nemuin tulisan ini :
When you post User Content to the Site, you authorize and direct us to make such copies thereof as we deem necessary in order to facilitate the posting and storage of the User Content on the Site. By posting User Content to any part of the Site, you automatically grant, and you represent and warrant that you have the right to grant, to the Company an irrevocable, perpetual, non-exclusive, transferable, fully paid, worldwide license (with the right to sublicense) to use, copy, publicly perform, publicly display, reformat, translate, excerpt (in whole or in part) and distribute such User Content for any purpose, commercial, advertising, or otherwise, on or in connection with the Site or the promotion thereof, to prepare derivative works of, or incorporate into other works, such User Content, and to grant and authorize sublicenses of the foregoing. You may remove your User Content from the Site at any time. If you choose to remove your User Content, the license granted above will automatically expire, however you acknowledge that the Company may retain archived copies of your User Content. Facebook does not assert any ownership over your User Content; rather, as between us and you, subject to the rights granted to us in these Terms, you retain full ownership of all of your User Content and any intellectual property rights or other proprietary rights associated with your User Content.

Kira-kira terjemahannya:
Saat anda upload gambar-gambar ke Facebook. Maka anda secara otomatis memberikan hak yang SANGAT PENUH, TANPA BISA DIBANTAH, TIDAK BISA DITARIK ULUR, ANDA TIDAK MUNGKIN MENANG, TERSERAH FACEBOOK MAU BERBUAT APA SAJA, BAIK SEBAGIAN MAUPUN SECARA KESELURUHAN, DIMANAPUN DI SELURUH DUNIA, UNTUK APA SAJA, DEMI KEPENTINGAN APA SAJA, MAU DIJADIKAN APA SAJA TERSERAH FACEBOOK, TANPA BERHUTANG TERHADAP ANDA, BAIK KOMERSIAL, ADVERTISING KEPENTINGAN FACEBOOK terhadap gambar-gambar tersebut. Jika anda memutuskan untuk menghapus gambar-gambar anda di akun Facebook tersebut namun bukan berarti Facebook tidak boleh menyimpan copy. Anda memperbolehkan Facebook memakai copy tersebut.

oya, si pemilik facebook, Mark Zuckenberg, adalah orang yahudi yang aktif di organisasi Alpha Epsilon Pi, yaitu sebuah organisasi yang membiayai orang2 yahudi untuk belajar di universitas2 terkemuka di dunia. Alpha Epsilon juga digunakan sebagai wadah untuk mencari pemimpin Yahudi. Menurut beberapa kabar yang saya baca di internet, facebook juga menyisihkan keuntungannya untuk membiayai israel dalam memerangi Gaza, naudzubillahiminzal ik...

Mungkin begitu saja info yang saya dapatkan, kalo ada info lain dari temen-temen bisa juga kita berbagi. Maaf juga kalo ada pihak-pihak yang tersinggung, aku ga pernah berniat untuk menyakiti hati siapapun.... PEACE dah pokonya.

Selanat bersosial lewat dunia maya saja dan waspadalah-waspadalah.... (wah jadi kaya acara yang di salah satu Tv swasta di Negri ini) Hehehehehe

13 komentar:

Anonim mengatakan...

wah ternyata gt ya mas... br tw Q

Anonim mengatakan...

wah.. dapet informasi darimana tuh..?? ak baru tauk!

Anonim mengatakan...

info yang layak dipertimbangkan dan ditimbang..tahnk's

Anonim mengatakan...

sipp
ayo rame2 Tidak Fesbuk-an

maaf, sy copy terjemah terms n conditionnya ya.dan paragraf d bwhnya. mksh

Optimasi Mesin Pencari mengatakan...

info yang pantas dicoba

thanks

Habib Muhammad Ma'ruf Annazali Al-idrus mengatakan...

wah begitu ya....ya udah kalau gitu kita harus berhati hati......

Anonim mengatakan...

Oooh...

xamthone plus mengatakan...

owh gitu ya...
sipp,thanks atas infonya...

obat hepatitis b mengatakan...

wao ngeri juga yaa.

sapnu mengatakan...

wah kalo saya gak doyan banget sih sama fb nya,,,jadi aku rasa gak bakal kena tipu tuh wkwkw

xamthone plus mengatakan...

ternyata begitu ya mas
saya baru tahu nih

jelly gamat mengatakan...

hrus lebih berhati-hati kalu begitu

jelly gamat luxor mengatakan...

bagus nih infonya..
sangat amat bermanfaat

Posting Komentar