13 Desember 2008

Melacak Jejak Pengunjung Blog


Buat kalian yang punya blog, sekarang kalian bukan hanya bias tau jumlah pengunjung kalian saja, tapi kalian juga bisa mengetahui info lain yang lebih menarik yaitu kalian bisa melacak jejak para pengunjung blog kalian. Jadi kita bukan hanya tau jumlah pengunjung blog kita saja, tapi juga lokasi, jaringan, juga sampai browser apa yang mereka gunakan. Gimana kalian tertarik.....??? yah ini memang terobosan yang menarik, apa lagi buat kalian yang bergelut dalam dunia bisnis. Tapi buat anda yang orang biasa juga apa salahnya kalo pengen tau info pengunjung blog kalian dong.....

Tapi untuk mengetahui iformasi lengkap mengenai siapa saja yang sudah mampir dan mengklik halaman-halaman blog kalian. Kita membutuhkan bantuan dari “pak de....Google”. Caranya daftarkan diri kalian ke layanan Google Analytics.

Untuk masuk kelayanan analisa milik “pak de Google” ini, kalian langsung saja masuk “www.google.com/analytics” (tanpa tanda kutip). Dan pastikan kalian sudah memiliki akun Google. Jika kalian sudah memiliki akun Google, kalian bisa langsung mengisi “username” dan “password” yang kalian miliki. Dan seandainya kalian belum punya, kalian musti mendaftarkan diri diGoogle terlebih dulu, karena ini sebagian dari sarat yang harus dipenuhi.

Aku anggap temen-temen semua sudah punya akun Google. Sebagai informasi, dalam langkah ini saya pake akun blog yang dari blooger. Untuk mendaftarkan blog kalian keGoogle Analytics, kalian cukup ikuti saja langkah-langkah berikut;

1. Pertama kita masuk www.google.com/analytics. nanti kalian akan dihadapkan sama halaman web. Langsung saja isikan alamat e-mail dan password Google yang kalian miliki atau yang udah kalian buat tadi dalam kotak yang tersedia.
2. Lalu halaman baru akan terbuka. Klik saja “Sign Up” pada boks Sign Up for Google Analytics.
3. Pada halaman general information, isikan “URL situs web (alamat web) atau URL blog (alamat blog) kalian, nama akun, serta zona waktu dan wilayah yang diinginkan”. Kalo sudah diisi semua lang sung aja klik “Continue”.
4. Nantinya akan muncul halaman baru yang isinya meminta info kalian. Lansung aja isi data kalian molai dari “nama belakang, nama depan, nomor telepon, dan dinegara mana kalian ber domisili. Kalo udah, klik “Continue” untuk melanjutkan.
5. Setelah tadi kalian menekan continue akan muncul halaman “accept user agreement” yang sudah menunggu kalian. Langsung aja beri tanda cek (centang) pada kotak di bawah kotak google analytics terms of service, sebagai tanda kalo kalian setuju. Lalu klik “Create New Account”.
6. Setelah kalian melewati proses tadi, kalian akan digiring (digiring, emang kambing pake digiring), oh ya map-maap, kalo gitu kalian akan diantar kehalaman “add tracking”. Disini sudah menunggu kalian beberapa baris kode yang harus disisipkan ke dalam skrip template blog kalian. Kalian bisa memilih seluruh skrip itu untuk dicopy dengan mengklik bagian dalam kotak. Jadi GPL (ga pake lema) langsung aja copy skipnya.
7. Setelah langkah-langkah 1-6 sudah di lalui sekarang tinggal ngurus blog kalian. Langsung aja masuk keakun blogger kalian, dan buka halaman “Template”. Paste barisan kode yang sudah kalaian copy dari Google Analytics tadi kedalam skrip blog kalian. Hey...hey...was pak de jangan asal paste aja, tar bukanya jadi bagus malah error. Inget ya pak de pastenya yaitu “sebelum baris tag” . Jika sudah kalian paste lang sung aja klik “Simpan Perubahan Template” untuk menyimpanya. Eh mao kemana......?? ga pergi dulu, ini lom selese. Waduh-waduh lom apa-apa ko udah mau pergi.
8. Oke kita lanjut, kalo kalian udah melakukan perubahan pada skrip template blog, kalian kembali lagi kehalaman “Add Tracking” yang ada diGoogle Analytics, kalo udah lalu klik “Continue”. Secara default, kalian akan aktif dihalaman Analytics Setting. Untuk mengecek status tracking sudah aktif atau belum, Kalian klik aja “Check Status”.
9. Kalo baris kode tadi telah sukses terinstal dalam skrip blog kalian, maka kalian akan diberikan informasi kalo sukses. Jika info sukses udah ada kalian bisa klik “Finish”.
10. Selesai deh...:-D


Kalo lankah-langkad tadi udah kalian jalani sekarang kalian tidur aja dulu, besok langsung aja kalian coba login sapa tau udah ada yang liat blog kamu. Sekalian tes keampuhan dari Google Analytics gitu.

Karena kalian sudah punya Google Analytics, jadi tiap kali kalian login kesana, kalian akan diantar untuk masuk kehalaman “dashboard”. Dibagian kiri halaman utama, kalian akan menemukan navigasi halaman-halaman lain, seperti “visitors, traffic services, content, dan goals”.


Kalian cukup mengklik “Visitors”, jika kalian melihat informasi lokasi para pengunjung, loyalitas kunjungan mereka, koneksi jaringan, juga browser yang mereka pake dan jaringan apa yang mereka gunakan untuk mengakses blog kalian. Gimana asik kan kita jadi tau info pengunjung blog kita.

Di halaman “Traffic Sources”, kalian akan disuguhi info tentang jumlah pengunjung yang langsung masuk keblog kalian, dan berapa yang nyasar karena referensi atau link dari blog atau situs lain. kalian juga bisa tau berapa jumlah pengunjung yang tahu alamat blog yang kalian miliki dari search engine, beserta keyword yang mereka gunakan. Yang lebih menarik lagi yaitu; kalo kalian mengklik “Content”, kalian bisa tau halaman mana dari situs atau blog kalian yang paling banyak dibaca pengunjung atau yang jadi faforit mereka.

Jadi kesimpulanya, layanan ini sangat bermanfaat bagi kalian yang tertarik untuk berbisnis online atau kalian yang ingin menganalisa performa situs atau blog. Sebagai informasi tambahan, Google memperbolehkan pemilik akun Analytics untuk mendaftarkan sebanyak apapun alamat situs atau blog kalian, asalkan jumlah maksimal halaman yang diklik (yang dibuka) dari situs atau blog kalian mencapai 5 juta perbulan.

Jadi buat kalian yang punya blog atau situs, dan kalian penen tau info tentang pengunjung tidak sekedar jumlahnya saja tapi juga info-info yang lain, apa salahnya kalo kalian mencoba untuk memeke fasilitas ini.



SELAMAT MENCOBA......!!!!!

3 komentar:

Anonim mengatakan...

wah saya mau coba dulu...

Harrza mengatakan...

thanks ya infonya,..berguna banget kok.. thx

Anonim mengatakan...

Blognya bagus bro

Posting Komentar