13 Desember 2008

Memperbaiki Koneksi Internet yang Lambat


Seperti keluhan-keluhan dari para netter holic, apa kalian juga mengalami kejadian tidak nyaman saat jalan-jalan didunia maya (tapi bukan maya duo ratu loooo)baik cuma nongkong-nongkrong aja apa sambil TP-TP (tebar pesona)didunia maya, mengapa koneksi internet yang kita pake ko makin lama makin melambat. Emang banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Jadi mari kita pelajari berbagai kemungkinan yang menyebabkan mengapa hal ini bisa terjadi. Hal-hal yang mungkin terjadi atau suatu hal yang menyebabkan koneksi internet jadi lelet.

1. Hal pertama yang mesti kita perhatikan yaitu PC(komputer) kita. Jangan-jangan sebenarnya PC(komputer)kita memang lambat. Jadi PC(komputer)keluaran jaman Fir’aun lagi latihan jalan masih aja dipake. Disini Koneksi sebuah PC(komputer) dengan internet jelas terpengaruh oleh lambatnya PC (komputer). Semakin sehat hardisk, prosesor yang tangguh, motherboard yang stabil akan membuat browsing kita semakin lancar. Secara default, jika PC (computer) kita mengalami 5L (letih,lesu, lemas, lelah, letoy) saat membuka browser sebelum terkoneksi internet, apalagi kalau sudah terhubung pasti mirip “kura-kura”.

2. Yang kedua yaitu Virus. Virus sudah pasti dapat memperlambat bandwidth kita. Virus bias menyebar lewat flashdisk, e-mail, dan yang sudah pasti dari situs yang berbau pornografi. Ternyata situs yang berbau hal-hal yang "begituan” memang banyak mengadung virus, spam, mallware, dan lain-lain yang berbahaya tapi kalo panu kayana ga ada disitu, Hehehe... Oke kita lanjut, kalo pertahanan di PC(komputer)mu tidak cukup tangguhbisa-bisa RAM kalian akan terbebani oleh ganasnya virus. Kalo kalian mau ngecek boleh-boleh aja buka situs yang itutu...tapi inget sebatas ngecek aja jangan ketersan, inget dosa.

3. Yang ketiga ini hal yang kita sendiri ga bias menolak yaitu Cuaca. Cuaca buruk akan mengganggu jalannya koneksi wireless. Hal ini disebabkan, data yang diterima dari sumber (misalnya ISP) akan terhambat ke perangkat wireless kalian. Sehingga sumber koneksi harus mengulang beberapa kali.

4. Selanjutnya, Overload Traffic. Penuhnya lalu lintas data membuat switch, router, atau access point kita "bingung". Tabrakan beruntun antar data-pun terjadi. Jika Anda pengguna jasa warnet, cobalah Anda gunakan internet pada jam disaat semua orang sedang istirahat. Misalnya antara jam 11.00 malam sampai jam 06.00 pagi. Pada jam-jam anda akan merasakan suasana mistis, karena kalian tidak sendiri, ada setan, jin....(wet ko malah jadi artikel dunia lain nih....waduh-waduh) oke kita lanjut aja.

5. Selan jutnya yaitu Menumpuknya Sampah. Chace, browsing history, download history, cookies semua tersimpan dalam dalam browser kalian. Jadi sampah-sampah ini mesti kalian hapus. Ya dalam islam saja “keber sihan sebagian dari iman” (walah molai lagi to, tadi bahas dunia laen sekarang malah jadi pak ustad…..serius donk mas). Oh y maap-maap, oke kita serius. Jika kalian makenya Mozilla : [Tools] [clear private data] [clear private data now]. Jika kalian pake Opera : [Tools] [delete private data] [delete]. Jika kalian pake Internet explorer [Tools] [Internet Options] [delete cookies] [clear history].

6. Yang keenam, Kabel longgar. Sebaiknya kalian memeriksa kabel modem atau kabel LAN yang kalian pake. Apakah kabel-kabel tersebut sudah tua???, terjepit??, atau malah terlipat???. Kalo hal itu terjadi segera perbaiki, karena hal ini juga berpengaruh pada koneksi.

7. Dan yang sering terjadi dan ga disangka-sangka pa lagi dinyana (ceileee bahasanya) yaitu Beloknya Antena. Koneksi wireless sebaiknya harus LOS (searah). Antena yang berbelok akan menjauhkan sinyal kalian dari sumber internet. Jadi ada baiknya posisi antena kalian diset minimal 18 Meter dari tanah.

8. Yang ter akhir, IP Conflict. Jika kalian pengguna jasa hotspot, sering kali IP conflict terlihat pada bagian bawah taskbar. Hal ini disebabkan banyaknya pemakai atau sedikitnya DHCP yang di-share. Mohon konfirmasi kepada operator, barangkali ada yang "sengaja" membentrokkan IP agar dapat "merampok" bandwidth kalian.


Ya mungkin begitu saja artikel ini, kalo ada cara yang belum saya ketahui boleh dong mas-masnya atau mba-mbanya berbagi ilmu.

Selamat mencoba......

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sep.... :D

Anonim mengatakan...

Best bgd nih artikel tq atas info'a bntu bgd wat warnet ku. tapi kalau kabel LAN panjang itu ngaruh gak sih sama koneksi???

Posting Komentar