10 Januari 2009

Tes Jaringan Internet Smart

Salah satu operator yang sedang berkembang saat ini adalah SMART. Meskipun operator ini pendatang baru namunlayanan yang ditawarkan sudah cukup bervariasi. Salah satunya yang lagi hangat-hangatnya jadi pembicaraan dimasarakat dunia maya saat ini adalah akses internet baik via WAP ataupun dial up untuk PC. Tapi kalo ingin menggunakan ponsel bawaan smart untuk modem kita harus pake aplikasi, kalo belum punya bisa Download disini untuk windows XP. sebagai catatan biyasanya driver bawaan smart tidak bisa dipake atau error (karena aku udah coba), baru bisa setelah aku pake aplikasi yang ini (tapi ini hanya untuk windows XP).

Buat yang belum tahu parameter setting WAP dan koneksi dial up operator smart, tenang aja ini aku kasih tahu:


UNTUK PONSEL

Setting untuk WAP

IP address 1 :
010.017.027.250:08080

IP address 2 :
010.017.027.250:09201

Homepage :
http://wap.smartwap.net


Setting untuk ponsel NOKIA

1. Ketik *#2769737#
2. Pilih "Gateway setting"
3. Pilih server address
4. Untuk IP address 1 diisi: 010.017.027.250:08080
5. klik "oke"
6. Untuk IP address 2 diisi: 010.017.027.250:09201
7. Klik "oke" lagi
8. Lalu keluar dari halaman setting
9. Lalu tekan tombol "0" agak lama atau masuk menu "Mini Browser" atau kalo ga ada bisa pilih "Mobile Web"
10. Sebage catatan biasanya untuk pertama kali akan menerima pesan "Error" (abaikan saja pesan ini)
11. Pilih Menu-->> Advanced-->> Settings-->> Homepage
12. Kalo sudah isi URL: http://wap.smartwap.net kemudian klik "save"
13. Oke udah selese, sekarang kalian kalian sudah bisa berkelana di dunia maya berbasis WAP.



UNTUK PC

Install Driver Untuk Ponsel bawaan Smart

1. Pertama install USB driver
2. Tinggal klik "next" terus aja
3. Tapi inget Ponselnya jangan kalian pasang dulu


Setting Internet Connection

1. Masuk Contol Panel-->> Netwok Connection-->> Create a New Connection
2. Klik "next" terus
3. Kalo ada kotak dialog "IPS Name" isi aja bebas (paijo juga boleh) klik next
4. Lalu "Phone number" isi dengan #777 lalu klik next
5.Usernime :smart -->> Password :smart -->> Confirm password :smart
6. Klik next
7. Udah selese, kalian bisa maen ke dunia maya pake komputer dari kamar kalian. (kalo ga bisa coba matikan dulu Ponselnya, idupin lagi terus pasang dicooecin lagi)



Tes jaringan


Tes ini aku lakukan dari daerah pinggiran jogja bagian selatan. Kualitas sinyal bisa diandalkan dan memang cukup stabil. Tetepi kalo jam-jam sibuk, seperti siang dan jam 19.00-22.00 biyasanya koneksinya jadi lambat. Tapi kalo dipake pada jam-jam 23.00 keatas sampe jam 08.00 sinyal bagus. Ini dibuktikan dengan durasi 1 jam pertama saat berselancar tidak terputus. Tapi kalo untuk daerah lain aku tidak tahu.

Ketika saya tes lewat www.speedtest.net emnunjukan kecepatan download dan upload yang lumayan untuk sebuah modem ponsel. Hasil tes ini jelas tidak bisa dijadikan patokan karena kualitas jaringan disetiap daerah berbeda-beda. Caranya sangat mudah ko, asalkan kalian paham cara setting modem ponsel di PC kalian.


Tetapi kalo kalian yang bekerja membutuhkan kecepatan dalam berselancar di dunia maya modem menggu nakan ponsel ini tidaklah cocok. Tapi untuk kalian anak kos atau orang yang males beli modem yang harganya mahal, ponsel ini dapat sebage alternatif.



Selamat Mencoba.........""


14 komentar:

- s L i K e R s - mengatakan...

wah smart bagus gak nih koneksinya? kebetulan lagi cari koneksi internet saya...

FiLiz (admin) mengatakan...

kaLo cuma untuk YM atau buka-buka halaman web yang ringan sih oke2 aja mas - s L i K e R s -

kaLo buat yang butuh koneksi yang cepet mungkin Smart ini kurang cocok....tapi kalo untuk anak kos atau kalian yang ingin beli modem tapi mahal ini bisa sebage alternatif.

torik mengatakan...

smart kalo sinyalnua bagus lumayan coneksinya bagus juga... soalnya saya make smart juga

' Li ' mengatakan...

makasih ya infonya..^^

filiz (admin) mengatakan...

>>>Benar sekali Torik......saya kadang2 juga make, hehehehe
Soalnya koneksi d'setiap daerah itu berbeda2

>>>oke Li....disini selalu sipa semampu ku....."

FiLiz (admin) mengatakan...

SEKEDAR TAMBAHAN



Disini saya nggak bermaksud mengiklankan produk manapun, tapi kalau ditanya apa kelebihan dan kekurangan smart... akan saya kasih tau menurut apa yang saya tau dan saya rasakan selama ini....setelah mencari info-info dan mencoba sendiri.

Kelebihan menggunakan smart adalah murah, karena sewaktu kita beli, kita cuma mengeluarkan uang 289 ribu rupiah aja, dan kita langsung mendapatkan jatah bonus 2 GB perbulan selama 6 bulan, jadi totalna adalah 12 GB, wow!!! jadi, kita tinggal mengisi pulsa untuk memperpanjang masa aktif nomor smartnya aja.

Sedangkan kekurangannya. Akses datanya rada lambat, beda banget dengan M2.

Tapi, kalo cuma untuk sekedar browsing ato chatting, saya rasa sudah cukup kok. saya juga sering mencoba koneksi FTP nya untuk backup website, ok2 aja (walaupun agak pelan). Tapi kalo Anda doyan download video, sebaiknya pikir-pikir untuk menggunakan kartu ini.

Untuk settingnya gampang, sewaktu kita beli, kita udah dapet CD driver untuk diinstal di komputer, tinggal ikuti aja petunjuknya....Tapi biasanya ga cocok, jadikalian bisa download diblog ini juga ada pada bagian free download aplikasi.

Oya, kata mbak Salesnya yang cantik itu, CD driver itu bisa dipake di XP SP2 keatas, kalau untuk Vista, cari software. Sedangkan untuk XP SP1 dan Linux, emang bener2 nggak bisa...

Gitu aja..

JelajahiDuniaEly mengatakan...

baru tahu nih soal smart, trims ya

Didiet mengatakan...

bener2 dukun komputer kamu ni

filiz (admin) mengatakan...

>>> oke JelajahiDuniaEly ...Q ya ikut seneng kalo bisa membantu


>>> Biasa aja ko Didiet....namamu hmpir sama ama temen SMA Q dulu, dia y d'panggil didit heheheheheh

filiz (admin) mengatakan...

makasih untuk yang sudah komentar...Q ucapin makasih banyak

wowo mengatakan...

wah infonya bagus.....baru tau Q kalo ada smart



hehehehehehe

torik mengatakan...

kebetulan saya pake smart, kadang2 bagus juga koneksinya... tapi saya pake yang paket gratis 2 GB/ bln.. lumayan hehe

Anonim mengatakan...

Mas Dukun Komputer
Terima kasih info drivernya
Saya coba dan hasilnya lancar sekali
Bawaan smart terkadang error
Terima kasih pula sebelumnya

mhd yani mengatakan...

bos kalu di muara enim kec benakat dapat blm signal smartnya di mana kalu mau cari info tentang itu
thank's

Posting Komentar